Disrupsi Pendidikan - Bagian 1 - eMJe

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, January 25, 2018

Disrupsi Pendidikan - Bagian 1



Era Disrupsi
Saya berpikir, kenapa ditengah kemajuan teknologi informasi sekarang ini, siswa kita masih harus pergi ke sekolah konvensional untuk melalui proses pembelajaran yang kebanyakan masih konvensional pula ? Padahal proses pendidikan bisa kita jalani lebih efektif dan efisien melalui pemanfaatan teknologi informasi. Coba kita bayangkan bahwa hampir semua materi pembelajaran sudah tersedia secara lebih berkualitas sekaligus gratis. Di YouTube misalnya, menemukan sumber belajar akan terasa semudah membuka Notebook lalu mengakses situsnya kapanpun dan dimanapun kita menginginkannya. Melalui peranan teknologi informasi ini, berbagai ilustrasi serta penjelasan secara tepat dan lebih cepat bisa direalisasikan.
Saya masih berpikir, kenapa harus tetap pergi ke sekolah ? Padahal segala informasi yang kita butuhkan sudah tersedia dalam Smartphone yang Anda genggam sekarang, lebih mudah daripada kita harus bertemu dengan guru-guru kita disekolah. Coba pikirkan, bahwa hanya tinggal mengatakan Oke Google, kita bisa mengakses berbagai macam informasi bahkan tanpa harus menggunakan jari-jari kita untuk mengetikkan kata pencariannya. Informasi akan didapat semudah kita menanyakan lalu akan didapatlah jawaban yang kita perlukan.
Bayangkan bahwa sekarang Google sudah mengembangkan aplikasi ini kedalam Google Glass–nya, sehingga aksesnya selalu bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun kita perlukan selama kita menggunakan kacamata pintar Google ini. Kedepan mungkin hal ini akan terus dikembangkan. Bayangkan apa yang terjadi saat Google mampu mengintegrasikannya dengan otak kita ? Perintah Oke Google bukan lagi melalui kata-kata yang kita sebutkan, melainkan melalui perintah otak yang hanya perlu kita pikirkan, lalu informasi yang dibutuhkanpun akan tersedia seketika. Apa yang membuatnya tidak mungkin ? Yang membuatnya tidak mungkin terjadi menurut saya adalah karena kita mengukurnya dengan kemampuan kita sekarang bukan berdasarkan mimpi dan kemampuan orang lain yang memang ahli di bidang tersebut.
Lalu apa fungsinya pengetahuan dan wawasan yang kita pelajari bertahun-tahun, sementara segala informasi dari segala sudut waktu, zaman, dan tempat bisa kita dapatkan secara seketika ? Dimasa mendatang mungkin tidak masalah lagi apakah Anda orang kurang pintar atau mengalami kesulitan dalam belajar, karena segala informasi bisa Anda dapatkan sama seperti orang lainnya juga yang dianugrahkan kecerdasan intelektual yang lebih untuk melakukan proses pembelajaran. Lebih mudah dan praktis daripada harus menemui guru Anda di sekolah atau membuka buku ensiklopedia dan referensi lainnya.
Bayangkan lagi bahwa tidak ada lagi batasan untuk kita belajar dari seorang guru berkualitas dari seluruh penjuru dunia dan berita baiknya lagi bahwa bahasa bukanlah menjadi persoalan. Skype contohnya, menyediakan akses untuk melakukan video conference ke seluruh penjuru dunia yang dilengkapi fitur penterjemah otomatis. Maka menggali ilmu dari guru yang berbeda latar belakang bahasa tidak lagi jadi masalah. Lalu kenapa kita harus pergi ke sekolah sementara disana ada guru yang lebih expert di bidangnya menunggu Anda untuk terhubung dan bergabung dalam proses pemebelajarannya ?

Bagaimana dengan Photomath yang mampu menyelesaikan persoalan matematika hanya dengan melakukan scan melalui kamera ponsel pintar anda ? Semudah itulah matematika di masa depan dan akan terus berkembang. Bagaimana dengan Pilot Translation Earpiece ? Anda tidak perlu repot-repot lagi belajar berbagai macam bahasa. Hanya memasangnya di telinga Anda, lalu berbagai macam bahasapun akan diterjemahkan sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana dengan perkembangan teknologi Hologram, Virtual Reality (VR), 3D Printing, Micro Processor, hingga kepada kemunculan Artificial Intelligence ? Kabar baiknya masih banyak lagi perkembangan teknologi informasi lainnya yang mungkin secara tidak langsung bisa mendisrupsi dunia pendidikan. Sudahkah kita mampu membaca bagaimana dampak yang bisa ditimbulkan dalam dunia pendidikan ? Disrupsi mengancam kita. 
Tulisan ini terinspirasi dari bukunya Prof. Rhenald Kasali yang sudah dua kesempatan membahas soal disrupsi secara series pada buku pertama yang berjudul Disruption dan buku yang kedua Tommorow is Today. Bagi Anda yang ingin membagikan pikiran-pikiran seperti ini pada rekan Anda, Anda bisa mendownload file PowerPointnya pada Link berikut sebagai referensi tambahan untuk saling berbagi dan menginspirasi. 

Download disini : File PPT Disrupsi dalam Pendidikan 

Refere :
Kasali, Reynald. 2017. Disruption. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kasali, Reynald. 2017. Tommorrow Is Today. Jakarta : Mizan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here