- eMJe

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, September 24, 2023


Sebelum Fazar Datang
 “Nilailah dirimu sendiri, jangan nilai orang lain”


Hanya malam yang menemanimu. Rasanya, kamu akan selalu butuh sendiri. Menceritakan segala keluh kesahmu kepada sang pemilik hati. Dan rasanya, kamupun butuh bicara. Bukan kepada siapa, tapi hanya kepada sang pemilik semesta. Siratmu, biar saja kamu yang menanggung segala bebannya. Tapi kamupun berharap, pembicaraan tadi itu akan meringankan bebanmu juga.
Hanya malam yang menemanimu. Gerimis pagi dan gemercik air diluar kamarmu. Air mata itu adalah bukti bahwa Dia selalu membantu jalan takdirmu. Jika do'a adalah perintah-Nya, maka yakinlah pintamu tadi akan dipenuhi oleh-Nya. Setelah segala cerita dan pinta kamu ucap, tiba-tiba kamupun tergiring dalam sadar. Pada akhirnya, segala yang kamu raih akan hilang. Segala yang kamu sayang akan pergi. Sama seperti saat kamu datang ke dunia ini. Pada akhirnya, semuanya akan kamu tinggal juga.
Hanya malam yang menemanimu. Setelah sekian kali kamu ditolong oleh-Nya. Hari-harimu masih saja dipenuhi ragu. Rasanya kamu harus mulai meminta maaf. Maaf karena masih sering melupakan-Nya. Maaf, karena tidak tahu malu. Maaf, karena banyak salah pada-Nya. Maaf, karena belum bisa menjadi seperti yang Dia mau. Maaf, karena belum bisa belajar dari kesalahan masa lalu. Maaf, karena kamu tidak punya apa-apa untuk menebus dosa-dosa itu. 
Kamu yang menunggu fazar bersinar. Disetiap renungan tentang sakit hatimu terhenti, rasanya kamu akan selalu bisa memaafkan orang-orang yang kamu adukan namanya tadi. Disetiap renungan persoalan hidupmu terhenti, rasanya hatimu lebih lapang. Disetiap renungan dosa-dosamu terhenti, rasanya kamu memang akan diberi waktu untuk memperbaiki. Jangan siakan itu lagi.
Kamu yang menunggu fazar bersinar. Kamu harus mulai percaya, kamu memang tercipta untuk menjadi orang baik. Tidak peduli seburuk apapun dunia memperlakukanmu, kamu tetap tidak akan merasa bahagia jika membalas perlakuan buruk mereka. Kamu baik, kamu selalu merasa khawatir tidak bisa memberikan yang terbaik. Padahal kamupun sadar, ada batas yang tidak bisa dilewati.
Terkadang kamu butuh sendiri, merenung, memikirkan setiap hal yang kamu lakukan, merasakan setiap salah yang kamu perbuat. Tapi terkadang kamu juga butuh orang-orang, karena kamu tahu, gak banyak hal yang bisa kamu lakuin sendirian. Iya, matahari udah bersinar. Saatnya kamu berhenti, dan mulailah temuin orang-orang yang kamu sayang. 

Ditulis ulang oleh emje ft blue

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here