Mengejar Mimpi Bagian 2 - eMJe

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, February 7, 2018

Mengejar Mimpi Bagian 2

Percaya Akan Impian
“Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan turut serta merencanakannya” Stephen R Covey


Begini Caranya
Putuskan untuk Terus Bertumbuh
Saya tertarik dengan kalimat yang diceritakan oleh John pada bukunya bahwa Ia melihat kalimat tersebut pada salah satu perusahaan yang pernah didatanginya. Kalimat tersebut menyatakan bahwa waktu yang paling tepat untuk menaman sebuah pohon adalah dua puluh lima tahun yang lalu. Dan waktu terbaik kedua yaitu saat ini juga. Ini jelas memberikan kita pelajaran bahwa seandainya kita telah memutuskan untuk mulai menumbukan kualitas diri kita dan membangun impian kita dua puluh lima tahun yang lalu, maka hari ini seharusnya kita sudah bisa memetik hasilnya. Dan pelajaran keduanya yaitu jika kita merasa terlambat untuk memulainya pada dua puluh lima tahun lalu, dan situasipun tidak memungkinkan kita untuk kembali ke masa itu, maka putuskanlah untuk memulainya sekarang juga.
Menumbuhkan apa yang menjadi kekurangan Anda merupakah sesuatu hal yang bagus untuk dilakukan. Namun hal itu tidak cukup bagus untuk bisa mengantarkan Anda pada suatu kesuksesan. Anda harus mulai berfokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan Anda. Orang tidak akan membayar hal yang biasa-biasa saja. Tapi mereka akan membayar untuk hal yang menurut mereka tidak biasa, berharga, memiliki nilai, dan tidak seperti kebanyakan. Begitupun dengan kualitas diri dan impian Anda.
Setelah Anda menemukan apa yang menjadi kelebihan Anda, jadikan kelebihan tersebut untuk membantu Anda menggapai impian-impian Anda. Lalu bagaimana dengan kekurangan yang Anda miliki ? Anda bisa mengatasinya dengan dua cara, pertama Anda gunakan kelebihan orang lain untuk menutupi kekurangan Anda. Dan kedua, tetaplah berusaha mengembangkan diri untuk mengatasi kekurangan Anda walaupun tidak menjadi prioritas pengembangan diri Anda.
Putuskan untuk Memiliki Impian dan Berusaha Menggapainya
Jika hari ini Anda masih belum tahu apa sebenarnya nilai terbesar yang ingin Anda capai dalam hidup Anda untuk dijadikan sebagai sebuah impian, maka janganlah khawatir. Cobaah untuk mulai menemukannya saat ini juga. Cobalah berhenti sejenak, berpikir, dan jawablah pertanyaan-pertanyaan sederhana berikut :
-       Hal apa yang sangat membuat Anda bahagia ?
-       Hal apa yang menurut Anda sangat bernilai untuk Anda perjuangkan sepanjang hidup Anda ?
-       Hal apa yang membuat Anda merasa sangat antusias saat melakukannya ?
-       Apa yang orang lain puji dari diri Anda dan kekurangan apa yang mereka komentari tentang diri Anda ?
-       Apakah Anda seorang yang ahli pada keterampilan sikap ataukah keilmuan ?
Begitu Anda telah menemukan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Anda, passion Anda, serta pandangan Anda tentang sesuatu nilai yang berharga dalam hidup, maka saya yakin Anda tidak akan kesulitan untuk memutuskan apa yang akan menjadi impian Anda. Putuskanlah untuk memilikinya, mempercayainya, dan mulai bertekad untuk bisa menggapainya. Bermimpilah sebesar mungkin, hingga suatu saat nanti Anda memahami bahwa impian besar Anda akan mengantarkan Anda pada banyak kesuksesan kecil diantara perjalanannya.
Susunlah Rencananya
Gagal dalam merencanakan berarti merencanakan kegagalan. Ini merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan begitu pentingnya perencanaan yang baik dalam melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Jadi cobalah tuliskan impian Anda pada selembar kertas, lalu mulailah memikirkan bagaimana Anda bisa mencapainya. Bagaimana Anda bisa menyusunnya ? Anda bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda melalui pengalaman, membaca buku, atau mendiskusikannya dengan orang yang Anda anggap kompeten untuk memberikan saran terhadap impian Anda.
Bertahanlah dan Nikmati Prosesnya
Setelah Anda menyusun rencana-rencana misi Anda untuk mencapai impian Anda, maka hal penting lainnya adalah menjalankannya dan bertahan dengan prosesnya. Seperti yang telah saya kemukakan bahwa yang terpenting adalah seberapa hebat Anda bisa terus bertahan disaat orang lain sudah mulai berhenti dan menyerah untuk tetap terus berjuang. Inilah modal Anda untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, jangan pernah lupa untuk terus mengevaluasi efisiensi, efektivitas, serta produktivitas langkah-langkah Anda. Ini mungkin akan menjadikan rencana Anda akan berubah ditengah jalan. Tapi tidak apa-apa, karena justru ini akan menjadikan rencana Anda menjadi semakin baik dari hari ke hari.
Seberapa besar pengorbanan dan rasa sakit yang bisa Anda terima saat Anda tidak memiliki keputusan untuk tetap menikmatinya ? Jelas itu sangatlah besar untuk bisa mengubah sikap Anda dalam menjaga komitmen. Putuskanlah untuk tetap menikmati setiap prosesnya. Ingat bahwa kita tidak hanya cukup memimpikan sesuatu, namun kita haruslah bekerja untuk meraihnya. Maka, bertahanlah dan nikmatilah prosesnya.
Nikmati Hasilnya
Diluar segala konsep impian yang mengharuskan Anda untuk mencapainya, saya sarankan agar Anda menjadikan impian hanya sebagai hadiah atas segala proses yang telah Anda jalani. Yang harusnya menjadi tujuan akhir Anda adalah terus bertumbuh bersama dengan nilai Anda. Melakukan proses pertumbuhan kualitas diri harus menjadi tujuan Anda yang sesungguhnya. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah berhenti untuk tetap terus memperbaiki kondisi Anda saat ini walaupun pada akhirnya impian Anda telah berhasil Anda raih.
Dengan menjadikan pertumbuhan kualitas diri sebagai tujuan utamanya, Anda justru bisa terus menikmati kesuksesan-kesuksesan kecil yang bisa Anda raih setiap hari dalam proses meraih kesuksesan besar Anda. Nikmati hal itu dan rayakanlah kesuksesan kecil Anda dalam menumbuhkan kualitas diri Anda. Ini akan menjaga Anda tetap berjuang dalam proses, menikmati proses, dan tidak ditentukan dengan hasil akhir. Kesuksesan selalu bisa Anda raih setiap harinya, setiap kali Anda bertumbuh, dan hingga pada akhirnya Anda akan berjumpa dengan kesuksesan besar Anda. Baca juga People Development untuk pengembangan diri.

Refere :
Maxwell, John. 2014. Succes. Jakarta : Mic Publishing.
Maxwell, John. 2015. Teamwork Makes The Dream Work. Jakarta : Mic Publishing.
Robbins, A. 2017. Re Awaken The Giant Within. Jakarta : Phoenix Publishing Project.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here