Catatan
Kuliah : Kulit Manajemen
“Berkumpul bersama akan mengawalinya. Memutuskan untuk
tetap bersama-sama adalah kemajuan. Dan bekerjasama merupakan kunci kesuksesan” Henry Ford
Organisasi
yang merupakan wadah bagi sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai
tujuan bersama, memiliki hubungan yang sangat erat dengan konsep manajemen dan
kepemimpinan. Unsur manajemen dan kepemimpinan akan sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan sebuah organisasi dalam meraih cita-cita bersamanya. Hal ini
terbukti dari berbagai penelitian yang dilakukan, memberikan kesimpulan bahwa
keberhasilan sebuah organisasi memiliki hubungan yang sangat erat dengan
manajemen dan kepemimpinan.
Dalam
konteks manajemen dan kepemimpinan ini, banyak orang yang keliru dalam
menterjemahkan artinya. Menganggap bahwa kedua konsep tersebut adalah sama,
namun sebenarnya ini adalah kedua hal yang berbeda. Jika saya sarikan, manajemen
itu memiliki kata kunci pengelolaan,
sedangkan kepemimpinan memiliki kata kunci daya
aruh. Jadi berbeda antara manajemen dan kepemimpinan.
Manajemen
merupakah sebuah usaha untuk mengelola seluruh sumber daya untuk mencapai
tujuan secara lebih efektif dan efisien (Machali, 2016:1). Dalam pengertian
tersebut, kita bisa mengambil beberapa kata kunci pada konsep manajemen yaitu usaha, pengelolaan, sumber daya
dan produktivitas. Usaha memberikan
arti bahwa proses manajemen bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja, namun lebih
merupakan sebuah proses yang benar-benar disengaja dilakukan melalui proses
pengelolaan.
Pengelolaan
dalam konteks manajemen memiliki arti adanya unsur pengaturan dalam proses
manajemen. Pengaturan tersebut mencakup fungsi dari manajemen itu sendiri yaitu
planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan) dan controlling (pengawasan) (Machali,
2016:16). Sedangkan, sumber daya dalam manajemen akan mencakup 7M yaitu man (manusia), money (pembiayaan), materials
(bahan), methods (cara), machines (alat), market (pasar) dan minute (waktu).
Adapun
makna dari produktivitas mencakup konteks efektif dan efisien. Efektif berarti mampu
mencapai tujuan dengan baik (doing the
right thing), sedangkan efisien berarti melakukan sesuatu dengan benar (doing thing right). Jadi, secara garis
besar manajemen akan berbicara tentang bagaimana memaksimalkan sumber daya yang
ada agar memperoleh hasil yang lebih efektif dan efisien melalui proses
pengelolaan. Dari penjelasan definisi manajemen tersebut, setidaknya kita bisa memahami
arti dasar atau ‘kulitnya’ dari
konsep manajemen.
Baca juga Mengejar Mimpi yang akan membantu Anda memahami proses meraih cita-cita yang diharapkan.
Refere
:
Machali, Imam dkk. 2016. The Handbook Of Education Management.
Jakarta : Prenadamedia Group.
Maxwell, John. 2015. The Leadership Handbook. Jakarta : Mic Publishing.
_____________. 2014. Leadership. Jakarta : Mic Publishing.
No comments:
Post a Comment