Catatan Kuliah Manajemen - eMJe

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, April 17, 2018

Catatan Kuliah Manajemen


Catatan Kuliah : Kulit Manajemen
“Berkumpul bersama akan mengawalinya. Memutuskan untuk tetap bersama-sama adalah kemajuan. Dan bekerjasama merupakan kunci kesuksesan” Henry Ford


Organisasi yang merupakan wadah bagi sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, memiliki hubungan yang sangat erat dengan konsep manajemen dan kepemimpinan. Unsur manajemen dan kepemimpinan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah organisasi dalam meraih cita-cita bersamanya. Hal ini terbukti dari berbagai penelitian yang dilakukan, memberikan kesimpulan bahwa keberhasilan sebuah organisasi memiliki hubungan yang sangat erat dengan manajemen dan kepemimpinan.
Dalam konteks manajemen dan kepemimpinan ini, banyak orang yang keliru dalam menterjemahkan artinya. Menganggap bahwa kedua konsep tersebut adalah sama, namun sebenarnya ini adalah kedua hal yang berbeda. Jika saya sarikan, manajemen itu memiliki kata kunci pengelolaan, sedangkan kepemimpinan memiliki kata kunci daya aruh. Jadi berbeda antara manajemen dan kepemimpinan.
Manajemen merupakah sebuah usaha untuk mengelola seluruh sumber daya untuk mencapai tujuan secara lebih efektif dan efisien (Machali, 2016:1). Dalam pengertian tersebut, kita bisa mengambil beberapa kata kunci pada konsep manajemen yaitu usaha, pengelolaan, sumber daya dan produktivitas. Usaha memberikan arti bahwa proses manajemen bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja, namun lebih merupakan sebuah proses yang benar-benar disengaja dilakukan melalui proses pengelolaan.
Pengelolaan dalam konteks manajemen memiliki arti adanya unsur pengaturan dalam proses manajemen. Pengaturan tersebut mencakup fungsi dari manajemen itu sendiri yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan) dan controlling (pengawasan) (Machali, 2016:16). Sedangkan, sumber daya dalam manajemen akan mencakup 7M yaitu man (manusia), money (pembiayaan), materials (bahan), methods (cara), machines (alat), market (pasar) dan minute (waktu).
Adapun makna dari produktivitas mencakup konteks efektif dan efisien. Efektif berarti mampu mencapai tujuan dengan baik (doing the right thing), sedangkan efisien berarti melakukan sesuatu dengan benar (doing thing right). Jadi, secara garis besar manajemen akan berbicara tentang bagaimana memaksimalkan sumber daya yang ada agar memperoleh hasil yang lebih efektif dan efisien melalui proses pengelolaan. Dari penjelasan definisi manajemen tersebut, setidaknya kita bisa memahami arti dasar atau ‘kulitnya’ dari konsep manajemen.

Baca juga Mengejar Mimpi yang akan membantu Anda memahami proses meraih cita-cita yang diharapkan.

Refere :
Machali, Imam dkk. 2016. The Handbook Of Education Management. Jakarta : Prenadamedia Group.
Maxwell, John. 2015. The Leadership Handbook. Jakarta : Mic Publishing.
_____________. 2014. Leadership. Jakarta : Mic Publishing.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here