Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagian 1 - eMJe

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, September 26, 2018

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagian 1

PENDIDIKAN PROFESI GURU
Sebuah Catatan Kuliah Profesi Guru
“Jangan pernah mencari pembenaran bahwa kita lebih superior dari pendidik lain”
Timothy D Walker


Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit berbagi kepada pembaca sekalian tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dimaksud disini adalah Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) yang diperuntukkan bagi seluruh lulusan sarjana strata satu yang belum menjabat sebagai seorang guru. Tujuan saya menuliskan hal ini adalah untuk menjawab berbagai pertanyaan dari teman-teman saya terkait Pendidikan Profesi Guru. Semoga ringkasan berikut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada secara lebih runut dan lengkap :
Bagian 1 - Seleksi Penerimaan
Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru, kalian bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs website Kementerian Ristekdikti di http://ppg.ristekdikti.go.id/daftar/ sekaligus untuk mendapatkan username beserta kode aksesnya. Tahap pertama yang harus kalian lalui adalah Seleksi Administratif. Pada saat pendaftaran, kalian harus melengkapi berkas yang diminta dengan cara upload hasil scan dokumen seperti kartu tanda penduduk (KTP), ijazah, transkip nilai, foto diri, dan lain sebagainya. Jika berkas yang diupload terverifikasi lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, maka kalian akan dinyatakan lolos seleksi administratif.
Tahap kedua yaitu Seleksi Akademik. Dalam seleksi akademik, kalian harus membawa kartu tanda peserta tes seleksi akademik beserta berkas persyaratan yang ditentukan sesuai dengan dokumen yang di upload dalam bentuk hardcopy. Seleksi akademik dilaksanakan dengan sistem ujian Computer Based Test (CBT) yang berlokasi di kampus yang kalian pilih pada saat pendaftaran. Adapun materi yang diujikan pada saat seleksi akademik meliputi materi bidang studi sesuai latar belakang pendidikan, pengetahuan paedagogik, tes potensi akademik dan kemampuan dalam bahasa inggris.
Jika telah dinyatakan lolos, maka tahap terakhir yaitu Seleksi Minat dan Bakat. Seleksi minat dan bakat ini dilaksanakan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) atau lebih ringannya disebut diskusi kelompok terarah. Pada diskusi ini, terdapat seorang dosen penguji yang bertindak sebagai penanya sekaligus moderator yang menggali informasi dalam diskusi kelompok. Setiap peserta tes seleksi minat dan bakat yang terdiri dari 5 orang akan mengungkapkan pendapatnya secara bergantian yang selanjutnya bisa saja mendapatkan tanggapan balik baik dari peserta lain maupun dosen penguji.
Adapun yang biasanya menjadi bahan penilaian pada tes seleksi minat dan bakat ini setidaknya meliputi :
Wawasan keguruan yang biasanya berkaitan dengan UU No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, PP No.19 tahun 2017 tentang Guru, persoalan pendidikan yang terjadi, pengetahuan tentang kualifikasi dan kompetensi guru, dan lain sebagainya.
Motivasi dalam kependidikan seperti minat atau keterpanggilan jiwa untuk menjadi guru profesional,  kesiapan untuk menjadi guru di seluruh penjuru tanah air, antusiasme atau spirit sebagai calon guru, dan lain sebagainya.
Bakat dan Kepribadian sebagai calon seorang guru yang meliputi kemampuan berbicara sebagai guru, kemampuan menulis (biasanya peserta diminta untuk menuliskan sesuatu di papan tulis sebagai sampel kemampuan menulis), kewibawaan, kestabilan emosi, kepercayaan diri, prestasi yang pernah diraih, dan lain sebagainya.
Sikap atau Penampilan Diri yang biasanya dilakukan penilaian pada penampilan secara umum sebagai sosok pendidik, kesantunan berbicara dan berkomunikasi, cara berpakaian, postur dan kesamaptaan, dan lain sebagainya.
Nah, jika telah dinyatakan lolos pada seleksi minat dan bakat, maka tahap terakhir yaitu kalian harus memberikan keputusan untuk menerima atau menolak mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan segala konsekuensi yang berlaku. Silahkan baca artikel berikutnya untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran secara garis besar disini

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here