Mengejar Mimpi Bagian 1 - eMJe

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, February 7, 2018

Mengejar Mimpi Bagian 1

Percaya Akan Impian
“Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan turut serta merencanakannya” Stephen R Covey


Impian akan melahirkan harapan. Harapan akan membangkitkan energi. Dan energi akan menjadikan segala potensi yang ada pada diri Anda menjadi sebuah keterampilan nyata. Berawal dari sebuah impianlah para pemimpin besar, ilmuan, pengusaha dapat menjadikan segala yang dianggap mustahil bisa terjadi di dunia ini. Impian menjadi pemicu terjadinya perubahan-perubahan besar dalam hidup Anda.
Batas Impian
Bermimpilah bahwa suatu hari nanti Anda akan mampu melakukan hal besar dalam hidup Anda. Jangan pernah batasi mimpi-mimpi Anda dengan situasi dan kondisi Anda saat ini. Jika Anda merasa bahwa masa lalu Anda begitu tidak bagus untuk menjadikan mimpi Anda nyata dalam hidup ini, maka buanglah masa lalu Anda. Mulailah untuk memandang hal baru yang bisa Anda lakukan di masa mendatang. Jadikan masa lalu Anda sebagai pemicu agar Anda lebih baik lagi dalam menggapai impian. Namun jika itu berarti sebaliknya, maka buanglah jauh-jauh masa lalu Anda dan mulailah pandang apa yang bisa Anda lakukan di masa mendatang.
Seseorang mungkin akan mentertawakan mimpi Anda yang begitu besar dan sepertinya mustahil untuk dicapai. Namun Anda tidak perlu memperdulikan apa yang orang lain katakan tentang Anda soal impian Anda. Karena impian Anda itu tidaklah diukur melalui pola pikir dan kemampuan orang lain, melainkan itu adalah ukuran yang Anda gunakan dan percayai. Jadi yang akan menjadi batas impian itu menurut saya adalah hanya tentang apakah Anda percaya sepenuhnya terhadap mimpi Anda ataukah Anda akan mengikuti pola pikir orang lain yang meragukan impian tersebut.
Impian yang Besar
Saat Anda memiliki impian yang begitu besar, mungkin orang akan mulai mencemooh Anda, mengangap Anda tidak pernah realistis dengan situasi dan kondisi yang Anda hadapi sekarang. Sekali lagi saya ingatkan bahwa batas dari sebuah impian itu hanya seputar kepercayaan Anda terhadap impian. Jika hari ini Anda merasakan hal demikian. Kondisi Anda memang rasanya tidak memungkinkan menggapai impian besar itu, maka terus saja bergerak. Buat rencana-rencana kecil yang bisa membuat kualitas diri Anda terus bertumbuh dari hari ke hari. Tidak ada kualitas diri yang bisa didapatkan secara instan. Anda tidak bisa merubah realitas yang ada hari ini hanya dengan sehari, namun harus dari hari ke hari.
Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai impian besar Anda. John C Maxwell salah satu pakar kepemimpinan menyatakan bahwa untuk mencapai mimpi yang besar Anda membutuhkan orang lain untuk membersamai Anda. Coba bayangkan, jika Anda memang percaya sepenuhnya mimpi itu bisa terjadi, maka Anda akan mulai membagikan keyakinan mimpi itu kepada orang lain. Mulailah mengumpulkan orang lain yang memiliki impian dan keyakinan yang sama dengan Anda. Bangunlah tim bersama mereka untuk mulai merealisasikan impian Anda. Sekarang sudah jelas bahwa impian itu tidak terlalu besar lagi jika Anda melakukannya bersama-sama dengan tim Anda.
Ini adalah kuncinya. Bahwa cara terbaik untuk mencapai mimpi yang begitu besar adalah dengan membagi-bagi mimpi tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang paling sederhana dan realistis untuk dicapai setiap individu yang ada pada tim Anda. Maka pada akhirnya impian Andapun bukan lagi hal yang terlalu besar untuk dicapai. Karena hari ini Anda memahami bahwa setiap orang bisa memberikan sedikit konstribusi mereka untuk menjadikan mimpi besar Anda bisa menjadi nyata.
Hukum Proses
Saya percaya bahwa setiap kesuksesan dalam menggapai impian besar memerlukan pengorbanan, rasa sakit, dan komitmen pada prosesnya. Jika hari ini Anda bisa memberikan saya bukti seseorang yang bisa mencapai puncak kesuksesannya tanpa melalui pengorbanan dan rasa sakit, saya akan menunjukkan kepada Anda bahwa disana pasti ada orang lain yang berkorban dan menanggung rasa sakit untuknya. Semua akan berawal dari proses yang dijalani dari hari ke hari bukan hanya sekadar satu hari.
Saat Anda menyaksikan pertandingan sepak bola, mungkin Anda akan merasa sangat kagum terhadap kemampuan dan atraksi yang dipertunjukkan para pemain di atas lapangan saat berlaga. Namun pernahkan kita berpikir bahwa saat pertandingan adalah saat mereka memanen hasilnya. Apa yang telah Ronaldo lakukan pada sesi latihan ? Seberat apa sesi uji coba yang pernah dilalui Messi ? Disanalah mereka mulai membentuk kualitas diri mereka bukan hanya sekadar satu atau dua hari saja, melainkan mereka melakukan prosesnya dari hari ke hari.
Teruslah berusaha menjaga komitmen Anda terhadap rencana yang Anda buat untuk terus bertumbuh dan mencapai impian besar Anda. Jika Anda ingin berhenti, ingatlah bahwa mimpi Anda membutuhkan langkah kecil Anda hari ini untuk dapat meraihnya. Yang akan membedakan Anda dengan seorang pecundang adalah Anda akan terus bergerak disaat orang lain sudah mulai berhenti dan menyerah untuk terus mengejar impiannya. Tidak ada yang pernah tahu seberapa dekat Anda dengan impian Anda. Keputusan Anda disaat-saat akhir akan menentukan kesuksesan Anda di masa mendatang.
Jadi tetaplah bergerak sejauh yang Anda bisa. Tetaplah percaya akan impian Anda. Suatu saat nanti Anda akan merasakan bahwa proses untuk menumbuhkan kualitas diri dan langkah-langkah rencana Anda dalam mencapai impian memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan Anda di masa mendatang. Baca topik Mengejar Mimpi selanjutnya disini

Refere :
Maxwell, John. 2014. Succes. Jakarta : Mic Publishing.
Maxwell, John. 2015. Teamwork Makes The Dream Work. Jakarta : Mic Publishing.
Robbins, A. 2017. Re Awaken The Giant Within. Jakarta : Phoenix Publishing Project. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here